Hubungan antara Motivasi, Sikap dan Kelelahan Non Fisik dengan Produktivitas Kerja para Pengusaha Kecil di Jawa Timur, Indonesia

M Subandowo

Abstract


ABSTRAK: Krisis moneter tahun 1997 yang melanda Indonesia ternyata memiliki dampaknya hingga saat ini. Namun secara empirik terbukti bahwa produktivitas dan daya tahan produksi secara nasional tetap dimiliki oleh sentra ekonomi Usaha Kecil Menengah (UKM) bila dibandingkan dengan usaha ekonomi yang lebih besar. Penelitian ini berkenaan dengan industri kecil pengrajin emping melijo di daerah Jawa Timur, yang sangat handal dan dapat menyerap tenaga kerja yang cukup banyak di tengah-tengah badai krisis moneter. Perilaku UKM tersebut tentunya sangat menarik untuk dikaji terkait dengan produktivitas kerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengusaha kecil emping melinjo yang berada di sentra industri pertanian yang tersebar di Jawa Timur (Magetan, Kediri, Ponorogo, dan Pacitan) sumbangannya cukup signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Fakta ini kiranya perlu diperkuat dengan cara dibantu secara kontinyu oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota, serta Pemerintah Provinsi di Jawa Timur, terutama yang berkenaan dengan pemberian insentif pinjaman dana dan pelatihan kerja sebagai motivator dalam melakukan usaha. Sementara itu pengembangan pasar yang lebih luas dan “global market oriented” juga perlu dilakukan agar daya saing emping melinjo dapat berjalan secara produktif dan efisien.

Kata-kata kunci: krisis moneter, usaha kecil menengah, produktivitas kerja, industri emping melinjo, serta kesejahteraan masyarakat.

About the Author: Dr. M. Subandowo adalah Direktur Program Pascasarjana UNIPA (Universitas PGRI Adi Buana) di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Untuk kepentingan akademik, beliau boleh dihubungi dengan alamat e-mail: subanindi@gmail.com

How to cite this article? Subandowo, M. (2009). “Hubungan antara Motivasi, Sikap dan Kelelahan Non Fisik dengan Produktivitas Kerja para Pengusaha Kecil di Jawa Timur, Indonesia” in SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, Vol.2, No.2 [November], pp.297-312. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press, UNIPA Surabaya, and UMS Kota Kinabalu, Malaysia, ISSN 1979-0112.

Chronicle of article: Accepted (September 18, 2009); Revised (October 19, 2009); and Published (November 20, 2009).


Full Text:

PDF

References


Atkinson, J.W & D. Birch. (1978). An Introduction to Motivation. New York: D. van Nostrand Blum M.L., second edition.

Azwar, Saifudin. (1997). Reliabilitas danValiditas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bart, Smet. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Bartley, S.H. & E. Chute. (1982). Fatigue and Impairment in Man. New York: McGraw-Hill.

BPS [Badan Pusat Statistik]. (2000). Laporan Data Kependudukan Tahun 2000. Jakarta: BPS.

Cameron, C. (1973). A Theory of Fatigue Economics. New York: McGraw-Hill.

Deci, E.L. (1975). “The Effects of Externally Mediated Rewards on Intrinsics Motivation” dalam Journal of Personality and Social Psychologi, XVIII, hlm.105-111.

Edward, A.L. (1957). Thechnique of Attitude Scale Construction. New York: Appleton-Century Crofts, Inc.

Fishbein, M. & I. Ajzen. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to Theory and Research. Philipines: Wesley Publishing Company, Inc.

Gilmer, H.B. (1966). Industrial Psychology. Tokyo: Tosho Printing, Co.Ltd.

Grandjean, E. & K. Kogi. (1971). Introductory Remarks Kyoto Symposium on Methodology of Fatigue Assesment. Japan: n.p.

Grandjean, E. (1985). Fitting: The Task to the Man. London: Taylor & Francis, Ltd.

Guilford, J.P. & P. Fruchter. (1981). Fundamental Statistics in Psychology and Education. Singpore: McGraw-Hill International Book Company.

ILO [International Labour Organization]. (1983). Encyclopedia of Occupational Helth and Safety. New York: ILO.

Jefta, Leibo. (1990). Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Andi Offet.

Kartasasmita, Ginanjar. (1997). Pemberdayaan Masyarakat: Konsep Pembanguan yang Berakar pada Masyarakat. Jakarta: Badan Perencanaan Pembanguan Nasional.

Lience, S. (1994). Pengaruh Kelelahan Kerja Ranah Fisik dan Non Fisik Terhadap Produktivitas Kerja. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

McClelland, D.C. (1969). Motivating Economic Achievement. New York: The Free Press.

McClelland, D.C. (1974). The Achieving Society. New York: The Free Press.

Mitchell, T.R. (1989). People in Organisation: An Introduction to Organizational Behaviour. New York: McGraw Hill Book.

Morgan, C.D. & H.A. Muray. (1935). “A Method for Examining Fantasies” dalam The Thematic Apperception Test: Archives of Neurology & Psychiatry, 34, pp.289-306.

Mulyani, Sri. (1984). Motif Sosial, Remaja Suku Jawa dan Keturunan di Beberapa SMA Yogyakarta. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Newcomb, T., R. Turner & P. Converse. (1985). Social Psychologi: The Study of Human Interaction. New York: Holt Rinehart and Winston, Inc.

Noi Tay, Swee & T. Smith. (1994). Managing Stress: A Guide to Asian Living. Singopore: Federal Publications(s) Pte.Ltd.

Pasaribu, Bomber. (1994). ”Tantangan Liberalisasi Ekonomi: Mengembangkan Etos Kerja dan Produktivitas Kerja”. Makalah dalam Seminar Peranan Kesehatan Jiwa dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja. Surakarta: BKPM Kodya Dati II Surakarta, hlm.10-16.

Raveen, J.C. (1960). Guide to the Standard Progresive Matrices Sets A, B, C and D. London: Lewis, Co.

Ravianto, J. (1985). “Produtivitas dan Manusia Indonesia” dalam Seri Produktivitas, No.III. Jakarta: Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas, hlm.81-101.

Robbins, S.P. (1991). Organizational Behavior Concepts: Controversies and Applications. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Siagian, Sondang P. (1995). Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemardjan, Selo. (1993). Kemiskinan Struktural dan Pembangunan: Suatu Bunga Rampai. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Steers, R., J. Mowday & L. Porter. (1982). Employee Organazation Linkages: The Psychology of Comittment, Absenteism, and Turn Over. New York: Academic Press.

Suma'mur, P.K. (1984). Higiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: PT Gunung Agung, cetakan kedua.

UNDP [United National Development Programme]. (1995). Human Development Report 1995. New York: Oxford University Press.




SOSIOHUMANIKA: Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan is published by Minda Masagi Press. This work is licensed under a Creative Commons Attribution-Sharealike 4.0.