MIMBAR PENDIDIKAN

Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan (Indonesian Journal for Educational Studies)

This journal, with print-ISSN 2527-3868 and online-ISSN 2503-457X, was firstly be published on March 11, 2016, and issued every March and September. The MIMBAR PENDIDIKAN  is a new version journal from the old journal with the similar name that was published since 1995 to 2005. This journal is dedicated not only for Indonesian scholars who concern about educational studies, but also welcome to the scholars of Southeast Asian countries and around the world who care and share related to the educational studies in general. 

The MIMBAR PENDIDIKAN journal is organized by the Lecturers of UPI (Indonesia University of Education)'s Journal Developer Team; and published by UPI Press in Bandung, West Java, Indonesia. The articles published in MIMBAR PENDIDIKAN journal are able to be written in English as well as in Indonesian and Malay languages.

The MIMBAR PENDIDIKAN journal is devoted, but not limited to, primary education, secondary education, higher education, teacher education, special education, adult education, non-formal education, and any new development and advancement in the field of education. The scope of our journal includes: (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education; and (7) Visual arts, dance, music, and design education.

Conventional e-mail address for sending the articles is: journal.mimbardik@upi.edu and suwirta.sahaja@upi.edu   


KATA PENGANTAR untuk
MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan,
Volume 2(1), Maret 2017.
 
 

Prof. Haji Furqon, Ph.D.
Pelindung Jurnal MIMBAR PENDIDIKAN dan Rektor UPI di Bandung.   

Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dari kualitas pendidikannya. Para pakar mengatakan bahwa kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di sebuah negara merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan perkembangan sebuah negara menuju  negara maju. Pendidikan, dengan demikian, sangat berperan penting dalam menyiapkan masyarakat sebuah negara yang berkualitas. Untuk menghasilkan SDM berkualitas, salah satu upaya strategis yang dapat ditempuh adalah melalui revitalisasi lembaga pendidikan, mulai dari pendidikan anak usia dini, dasar, menengah, sampai dengan perguruan tinggi.

Revitalisasi yang dibangun mulai dari “mindset” dan konsep dasar, sampai dengan pada tataran teknis operasional secara komprehensif. Revitalisasi lembaga pendidikan mutlak harus dilakukan, apabila kita ingin “survive” dan tumbuh berkembang menjadi negara yang maju, sejahtera, dan berkeadilan, sesuai dengan cita-cita para pendiri negeri ini. Sebagai upaya menjawab tantangan dan peluang di era sekarang dan yang akan datang, sesungguhnya telah banyak upaya yang dilakukan pemerintah dan perguruan tinggi. LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan), termasuk UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di dalamnya, ikut berperan dalam rangka menjawab tantangan, persoalan, dan peluang tersebut. Sebagai LPTK tertua di Indonesia, UPI yang didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954, senantiasa konsisten dengan visi dan misinya, yaitu menempatkan pendidikan sebagai jatidiri.

Nama dan bentuk kelembagaannya memang telah mengalami beberapa kali perubahan, yakni dari PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru), tahun 1954-1957; FKIP UNPAD (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Padjadjaran), dari tahun 1957-1960; kemudian IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Bandung, dari tahun 1960-2000; hingga menjadi UPI, dari tahun 2000-sekarang. Bahkan UPI pun mengalami dinamika kelembagaan, yakni dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) biasa hingga menjadi UPI sebagai PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum). Namun ada satu spirit yang tidak pernah berubah dan tetap tumbuh semakin kokoh, yaitu komitmen UPI dalam mengembangkan ilmu pendidikan dan membangun SDM dalam bidang pendidikan.

Jatidiri UPI sebagai universitas pendidikan harus terus dikembangkan. Salah satunya adalah melalui kajian-kajian yang mendalam, terprogram, dan sistematis dalam bidang pendidikan. Kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan ini kemudian dipublikasikan agar bisa dibaca oleh banyak orang, sehingga menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi para pengambil kebijakan dalam memutuskan masalah-masalah dan mecari solusi dalam bidang pendidikan. Kebijakan dan program pendidikan yang tidak didadarkan atas hasil-hasil kajian dan penelitian yang mendalam hanya akan menjadi sesuatu yang mengawang-awang, kurang berpijak pada bumi dan realitas pendidikan yang sesungguhnya.

UPI bertekad, dengan demikian, untuk menjadi “a leading and outstanding university” dalam bidang pendidikan, baik dalam hal pemikiran, riset, praksis pedagogik, dan kajian-kajian tindakan lainnya untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Dalam kaitannya dengan penerbitan MIMBAR PENDIDIKAN, sekali lagi saya ingin menyatakan, bahwa jurnal ini diharapkan bisa menjadi wadah dan media untuk saling tukar pengalaman, wawasan, hasil pemikiran, dan penelitian terkini diantara para Sivitas Akademika di negara-negara Asia Tenggara, bahkan dari negara-negara lainnya di dunia, bahwa kemajuan suatu bangsa sesungguhnya akan ditentukan oleh faktor-faktor kebersamaan, kerjasama, dan kolaborasi; disamping tentu saja harus disertai dengan persaingan dan kompetisi yang sehat.

Artikel-artikel yang tersaji dalam jurnal MIMBAR PENDIDIKAN, edisi Maret 2017, datang dari penulis berbagai negara. Selain dari Indonesia, para penulis artikel juga datang dari Malaysia dan Filipina. Para penulis dari Indonesia menyumbangkan hasil pemikiran dan penelitian mereka tentang “biaya pendidikan berbasis kinerja untuk meningkatkan kualitas pendidikan di perguruan tinggi”; “motivasi dan persepsi, serta kaitannya dengan kinerja guru”; “pentingnya penguatan kecakapan hidup dalam implementasi kurikulum pendidikan”; “peran kepala sekolah dalam pembinaan guru dalam lingkungan pendidikan yang multibudaya”; serta “perencanaan kebijakan yang tepat untuk memenuhi tenaga kependidikan guru dalam pemerintahan daerah di era otonomi dan desentralisasi di Indonesia”.

Sedangkan para penulis dari Malaysia dan Filipina menyumbangkan hasil pemikiran dan penelitian mereka tentang “teori tingkah-laku terencana dan kesiapan untuk berubah, kaitan dan implikasinya bagi kemajuan organisasi” serta “kesadaran dan pengamalan peserta didik tentang lingkungan sekitar sebagai basis untuk pengembangan program-program advokasi”. Apa yang menarik dan penting dari para penulis Malaysia dan Filipina adalah bahwa negara mereka juga sangat menaruh kepedulian yang tinggi dalam bidang pendidikan. Pendidikan telah menjadi isu dan agenda utama – bagi pemerintah dan negara di Asia Tenggara, termasuk di seluruh dunia – untuk terus dikaji dan ditindaklanjuti menjadi program-program nyata dalam pembangunan bangsa.

Selamat membaca artikel-artikel dalam jurnal MIMBAR PENDIDIKAN. Semoga ada manfaatnya. 

Bandung, Indonesia: 30 Maret 2017.

Journal Cover, Issue of March 2017:

Organized and Published by: 

The Lecturers of UPI (Indonesia University of Education)’s Journals Developer Team; and UPI Press in Bandung, West Java, Indonesia.

Full address (for corresponding):
Room of Timbang Jurnal UPI, UC (University Center) Building, 5th Floor, Campus of UPI, Jalan Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154, West Java, Indonesia. Website: www.upi.edu  

The website of KEMENRISTEKDIKTI RI (Ministry of Research, Technology, and Higher Education of the Republic of Indonesia) in Jakarta related to the scholarly journals is also available online at: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id


Vol 2, No 1 (2017)

Table of Contents

Articles

Nnamdi Ogbodoakum, Norhasni Zainal Abiddin
PDF
Nanang Fattah, Budhi Pamungkas Gautama
PDF
Nurdin Nurdin
PDF
Jenny Perez Cruz, Nerissa S Tantengco
PDF
Dinn Wahyudin, Rusman Rusman, Yulia Rahmawati
PDF
Ahmad Qurtubi
PDF
Suroso Suroso
PDF
Editor Journal MIMBARDIK
PDF
Editor Journal MIMBARDIK
PDF
Editor Journal MIMBARDIK
PDF