MIMBAR PENDIDIKAN

Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan (Indonesian Journal for Educational Studies)

This journal, with print-ISSN 2527-3868 and online-ISSN 2503-457X, was firstly be published on March 11, 2016, and issued every March and September. The MIMBAR PENDIDIKAN  is a new version journal from the old journal with the similar name that was published since 1995 to 2005. This journal is dedicated not only for Indonesian scholars who concern about educational studies, but also welcome to the scholars of Southeast Asian countries and around the world who care and share related to the educational studies in general. 

The MIMBAR PENDIDIKAN journal is organized by the Lecturers of UPI (Indonesia University of Education)'s Journal Developer Team; and published by UPI Press in Bandung, West Java, Indonesia. The articles published in MIMBAR PENDIDIKAN journal are able to be written in English as well as in Indonesian and Malay languages.

The MIMBAR PENDIDIKAN journal is devoted, but not limited to, primary education, secondary education, higher education, teacher education, special education, adult education, non-formal education, and any new development and advancement in the field of education. The scope of our journal includes: (1) Language and literature education; (2) Social sciences and humanities education; (3) Sports and health education; (4) Economy and business education; (5) Math and natural science education; (6) Vocational and engineering education; and (7) Visual arts, dance, music, and design education.

Conventional e-mail address for sending the articles is: journal.mimbardik@upi.edu and suwirta.sahaja@upi.edu   


KATA PENGANTAR untuk
MIMBAR PENDIDIKAN: Jurnal Indonesia untuk Kajian Pendidikan,
Volume 2(2), September 2017.


Prof. Dr. H.R. Asep Kadarohman
Pelindung Jurnal MIMBAR PENDIDIKAN dan Rektor UPI di Bandung.   

Dalam sebuah artikel hasil penelitian, yang ditulis bersama dalam jurnal ilmiah pada tahun 2016, saya menyatakan bahwa saat ini kita sedang hidup pada zaman globalisasi. Efek globalisasi yang menguntungkan dalam dunia pendidikan adalah mempermudah akses peserta didik untuk belajar. Akses untuk belajar pada abad ke-21 ini menjadi lebih mudah, cepat, dan lebih murah. Saat ini, internet dapat diakses di seluruh belahan dunia yang memungkinkan semua orang untuk berbagi informasi yang berkaitan dengan dunia pendidikan, misalkan hasil penelitian, teori-teori pembelajaran, serta “best practice” belajar dan pembelajaran yang dapat diimplementasikan di berbagai negara. Di sisi lain, globalisasi memberikan dampak yang mengharuskan setiap orang untuk meningkatkan kualitas dirinya, sehingga mampu bersaing pada abad ke-21.

Di abad ke-21 ini pula, peran pendidikan menjadi semakin penting dalam mempersiapkan generasi penerus yang memiliki keterampilan belajar dan berinovasi, keterampilan menggunakan teknologi dan media informasi, serta dapat bekerja dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup atau “life skills”. Oleh sebab itu, para pendidik perlu memahami bagaimana cara mendidik di abad ke-21 agar mampu membekalkan keterampilan abad milenia kepada peserta didik. Mendidik bukan untuk kepentingan sekarang, tapi dirancang untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan yang lebih maju lagi daripada kehidupan di zaman sekarang. Seorang pendidik, dengan demikian, harus visioner dan punya wawasan ke depan. Tanpa visi dan misi yang berwawasan ke depan, seorang pendidik akan ketinggalan zaman.

Artikel-artikel yang tersaji dalam jurnal MIMBAR PENDIDIKAN, edisi September 2017 ini, jelas menggambarkan hasil kajian kekinian dan hubung-kaitnya dengan masa depan. Semua disiplin ilmu, nampaknya, harus mengkaji tidak hanya untuk keperluan sekarang, tetapi juga harus menunjukan arah dan gejala kecenderungan dengan tuntutan dan tantangan di masa depan. Bahkan, disiplin ilmu sejarah sekalipun, sekarang tengah trendi tentang apa yang disebut dengan “mengkaji masa lalu untuk memahami masa kini dan merancang kehidupan di masa depan”. Lebih-lebih disiplin ilmu pendidikan, sebagai salah satu perekayasa sosial dalam kehidupan yang menyangkut hajat kehidupan orang banyak, ianya harus mengkaji dan merumuskan pola dan model pendidikan yang lebih baik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat negara-bangsa, bahkan warga dunia, di masa depan.

Artikel yang ditulis oleh Pengiran Hajah Siti Norainna bt Pengiran Haji Besar, Dosen dari UBD (Universiti Brunei Darussalam) di Bandar Seri Begawan, Negara Brunei Darussalam, mengkaji tentang “Media Sosial dan Perlaksanannya di Pengajian Tinggi”. Jelas ini adalah satu kajian yang menarik, sebab media sosial – khususnya Facebook – memiliki peran yang massal untuk kepentingan kemajuan pendidikan, walaupun harus dirancang dan digunakan dengan betul agar efek-efek negatif dari media sosial tersebut tidak mengganggu proses dan hasil pendidikan. Media sosial adalah laksana pedang yang bermata dua: bermanfaat bila dapat digunakan dengan baik; dan berbahaya juga bila digunakan untuk tujuan-tujuan yang destruktif.

Sementara itu artikel-artikel yang ditulis oleh para Dosen UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) di Bandung datang dari Johar Maknun tentang “Konsep Sains dan Teknologi pada Masyarakat Tradisional di Provinsi Jawa Barat, Indonesia”; dari Mulyana Abdullah tentang “Kontribusi Hasil Ujian Nasional terhadap Kelulusan Siswa SMP Laboratorium UPI Tahun Pelajaran 2015/2016”; dan dari Tatang Supriatna, Darhim & Turmudi tentang “Local Intruction Theory dalam Pendidikan Matematika Realistik untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis”. Ini juga satu kajian menarik, karena orientasi dan perspektifnya bukan semata-semata untuk memahami dan mencari solusi dari permasalahan-permasalahan di masa kini, tetapi juga ada beberapa rekomendasi untuk perencanaan dan pelaksanaan di masa depan.

Artikel yang ditulis oleh Bastiana, Dosen dari UNM (Universitas Negeri Makassar) di Sulawesi Selatan, mengkaji tentang “Strategi Jangka Pendek untuk Mengembangkan Lesson Studi Berbasis Sekolah Menuju Masyarakat Pembelajar di Sekolah Luar Biasa di Indonesia”. Jelas ini adalah kajian yang sedang trendi dan modis dalam bidang pendidikan, khususnya dalam usaha untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di kelas agar tercipta suasana PBM (Proses Belajar dan Mengajar) yang menyenangkan, aktif dan kreatif, serta bermakna dalam kehidupan.

Akhirnya, artikel yang ditulis oleh D.N. Osariyekemwen, P.O. Otimeyin & G.O. Esebameh, para Dosen dari Nigeria, mengkaji tentang “Sertifikasi Ideal Seni Rupa di Nigeria melalui Penilaian Praktek yang Valid”. Ini juga satu kajian yang menarik dan penting untuk menunjukan betapa tiap disiplin ilmu, selain memiliki standar yang umum dalam penilaian juga harus memperhatikan kriteria tertentu dan kompetensi khusus, yang sejalan dengan karakteristik disiplin ilmu berkenaan. Disiplin ilmu sains murni, misalnya, jelas berbeda dalam memberikan kriteria penilaiannya dengan disiplin ilmu humaniora dan budaya, termasuk Seni Rupa.

Selamat membaca artikel-artikel dalam jurnal MIMBAR PENDIDIKAN. Semoga ada manfaatnya.

Bandung, Indonesia: 30 September 2017.

Journal Cover, Issue of September 2017:

Organized and Published by: 

 

The Lecturers of UPI (Indonesia University of Education)’s Journals Developer Team; and UPI Press in Bandung, West Java, Indonesia.

Full address (for corresponding):
Room of Timbang Jurnal UPI, UC (University Center) Building, 5th Floor, Campus of UPI, Jalan Dr. Setiabudhi No.229 Bandung 40154, West Java, Indonesia. Website: www.upi.edu  

The website of KEMENRISTEKDIKTI RI (Ministry of Research, Technology, and Higher Education of the Republic of Indonesia) in Jakarta related to the scholarly journals is also available online at: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id


Vol 2, No 2 (2017)

Table of Contents

Articles

Pengiran Hajah Siti Norainna bt Pengiran Haji Besar
Abstract views: 5       PDF downloads: 0
PDF
Johar Maknun
Abstract views: 3       PDF downloads: 0
PDF
Agung Pramujiono, Nunung Nurjati
Abstract views: 8       PDF downloads: 0
PDF
D.N. Osariyekemwen, P.O. Otimeyin, G.O. Esebameh
Abstract views: 6       PDF downloads: 0
PDF
Mulyana Abdullah
Abstract views: 6       PDF downloads: 0
PDF
Tatang Supriatna, Darhim Darhim, Turmudi Turmudi
Abstract views: 9       PDF downloads: 0
PDF
Bastiana Bastiana
Abstract views: 4       PDF downloads: 0
PDF
Editor Journal MIMBARDIK
Abstract views: 3       PDF downloads: 0
PDF
Editor Journal MIMBARDIK
Abstract views: 4       PDF downloads: 0
PDF
Editor Journal MIMBARDIK
Abstract views: 2       PDF downloads: 0
PDF